Catatan Akhir Tahun LBH Bandung 2017 adalah : “ Hak Asasi Manusia : Bab Yang Hilang Dalam Cerita Pembangunan Ekonomi

Gambaran bahwa Jawa Barat adalah Provinsi dengan jumlah penduduk yang terbilang besar, sumber daya alam yang melimpah, kemajuan pembangunan yang melaju cepat, ternyata juga menampilkan dirinya dalam sebuah gambaran konflik yang sistemik, yang pada akhirnya menimbulkan problem struktural di masyarakat. Kemiskinan, penggusuran rakyat dari ruang hidupnya, pemenjaraan petani dan pejuang lingkungan, pemberangusan serikat terjadi seiring juga dengan kondisi pengupahan yang buruk bagi buruh, serta kekerasan yang massif terjadi pada keyakinan dan aliran kepercayaan yang berbeda.

 

Tema Catatan Akhir Tahun LBH Bandung 2017 adalah : “ Hak Asasi Manusia : Bab Yang Hilang Dalam Cerita Pembangunan Ekonomi “, diangkat sebagai upaya merespon tentang situasi yang terjadi di Jawa Barat sepanjang Tahun 2017. Catatan ini mencatat kasuskasus yang ditangani sepanjang tahun dengan dimensi pendekatan Bantuan hukum struktural dan hak asasi manusia .

 

Di dalam catatan ini, Pemahaman banyak masyarakat bahwa Hak Asasi Manusia adalah produk barat, anti agama, dan tidak sejalan dengan nilai bangsa, disajikan di dalam catatan ini dalam konteks kenyataan yang sesungguhnya terjadi di masyarakat dan Instrumen Hak Asasi Manusia memberi cara pandang berbeda terhadap kasus yang ditangani, atau setidaknya menambah pemahaman kita semua tentang situasi pemiskinan rakyat dan konflik sosial yang seringkali tidak terjawab dengan cara pandang hukum semata.

 

Selain itu catatan akhir tahun LBH Bandung 2017 ini merupakan upaya LBH Bandung melaporkan kepada publik tentang apa yang sudah dilakukan oleh LBH Bandung dan menjadi bahan kritis terhadap upaya pembelaan rakyat di Jawa Barat di tahun-tahun mendatang.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *