Catatan Akhir Tahun LBH Bandung 2020 “Senjakala Demokrasi : Pandemi, Otoritarian dan Neoliberal”

Tahun 2020 tentu bukan tahun yang mudah untuk kita semua. Pandemi Covid-19 yang terjadi sepanjang tahun dan kemudian berdampak besar terhadap kehidupan. ada yang mengalami pemutusan kerja, ada yang tidak dapat mencari nafkah, ada yang kesulitan mendapatkan akses kesehatan dan dampak buruk lainnya.

Hal ini semakin miris karena problem-problem struktural tidak terealisasikan dan terus terjadi ditengah-tengah masyarakat. Problem struktural karena ini bukan hanya soal kasus per kasus, tetapi kasus-kasus ini dilatarbelakangi kebikakan yang tidak berpihak pada masyarakat. Ketidakadilan terjadi dan kekerasan digunakan hanya untuk menyediakan jalan bagi kepentingan oligarki.

Melalui catatan akhir tahun ini, LBH Bandung hendak membagikan bagaimana proses pendampingan tetap harus berjalan ditengah pandemi. Ada beberapa catatan pendampingan kasus yang kami catat, mulai dari pendampingan kasus-kasus kekerasan seksual terhadap perempuan, pendampingan buruh migran, pendampingan korban tambang, isu ketenagakerjaan, hingga perlindungan bagi kelompok rentan.

LBH Bandung juga berupaya beradaptasi dengan berbagai metode agar akses bantuan hukum tetap tersedia ditengah situasi saat ini. Bahkan terus berupaya terlibat dalam gerakan-gerakan masyarakat sipil untuk merespon isu dan kebijakan-kebijakan yang berdampak bagi publik.

jalan masih panjang dan catatan dalam “Catatan Akhir Tahun” ini hanya sebagian kecil dari perjuangan masyarakat, namun pembelajaran dari proses baik kegagalan maupun keberhasilan harus menjadi catatan bersama sebagai bahan refleksi. Kita tidak sendiri, tapi sedang berjalan bersama, demi keadilan bagi semua.

Selengkapnya dapat diunduh pada file dibawah ini.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *