“Pemetaan Kondisi Penghidupan, Akses atas Pangan dan Kesehatan Keluarga dalam Masa Pandemi Covid-19 di Jawa Barat”

Laporan survey ini berawal dari penyebaran kuesioner secara daring (online) untuk memetakan dampak pandemi Covid-19 terhadap mata pencaharian, akses atas pangan, dan kesehatan keluarga di Provinsi Jawa Barat.

kuesioner pertama kali disebarluaskan pada Kamis, 26 Maret 2020 sampai dengan Rabu, 1 April 2020 yang telah menjaring beberapa kelompok masyarakat sipil.

Dari hasil sebaran survey tersebut ditemukan bahwa sebagian besar responden bekerja sebagai buruh/karyawan/pegawai, sehingga tampak bahwa Pandemi Covid-19 berdampak berdampak signifikan terhadap mata pencaharian.

selain berdampak terhadap mata pencaharian, Pandemi Covid-19 berdampak pula terhadap akses pangan. Mayoritas responden memenuhi kebutuhan dalam rentang waktu harian dan mingguan, mereka bukanlah orang-orang yang mampu membeli dan menyimpan stock bahan pangan dalam jangka waktu 1 bulan

Tidak luput juga aspek kesehatan, survei mencatat bahwa cukup besar jumlah responden yakni sebesar 34% yang tidak memiliki asuransi kesehatan sama sekali, baik BPJS maupun Asuransi

Sehingga dari beberapa catatan hasil survey ini kami menambahkan juga beberapa kesimpulan dan beberapa poin rekomendasi

untuk selengkapnya hasil survey ini dapat di unduh link di bawah ini:

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *