Solidaritas yang Terus Mengalir

Proses persidangan ke-2 Zaky Yamani Yamani melawan PT Pikiran Rakyat Bandung bukanlah proses persidangan di PHI seperti biasanya. Terlihat kerumunan massa yang menyuarakan solidaritas kepada Zaky Yamani yamani di depan gedung pengadilan.  Banyak elemen Kerakyatan yang terlibat dalam pelaksanaan aksi solidaritas tersebut, diantaranya hadir beberapa perwakilan dari KASBI, LEM-SPSI, WALHI JABAR, PPMI-SPSI-jasa marga, Guru Korban PHK, Lembaga Pers Mahasiswa, dan SORAK.

Aksi mulai dilakukan pada saat sebelum dan sesudah pelaksanaan sidang di PHI. Massa memulai berjalan menuju depan gedung pengadilan dengan menggunakan ikat kepala yang diantaranya bertuliskan “PR = PENINDAS RAKYAT” sambil melantunkan lagu-lagu perjuangan. Di depan gedung pengadilan banyak yang menyatakan dukungannya lewat orasi.

Orasi yang disampaikan diantaranya mengecam tindakan PT Pikiran Rakyat Bandung yang telah mem-PHK Sepihak Zaky Yamani yang sedang sakit adalah tindakan sewenang – wenang dan menindas. Padahal sakit psikologis yang dialami oleh Zaky Yamani disebabkan oleh beban kerja yang berat sebagai redaktur di Harian Pikiran Rakyat.

Selanjutnya dalam poin orasi yang disampaikan ada juga yang membahas perihal praktik PHK Jurnalis tidak terlepas dari Industri media yang kapitalistik. Peranan media hari ini yang seharusnya berkontribusi dalam pemberitaan perjuangan rakyat malah membungkam pemberitaan yang mengkritisi rezim, sehingga membuat Jurnalis yang memiliki integritas dan perspektif kerakyatan seperti Zaky Yamani yamani menjadi korban PHK Sepihak PT Pikiran rakyat Bandung.

Pentingnya berkumpul dan berserikat di kalangan Jurnalis juga merupakan poin penting yang disampaikan pada saat orasi. Pasalnya, keberadaan Serikat Buruh di kalangan Jurnalis merupakan sebuah sarana yang dapat menaikan posisi tawar Jurnalis dihadapan Perusahaan sehingga hak-hak dasar sebagai pekerja dapat dipenuhi. Hal yang senada juga disampaikan kepada para mahasiswa dan Pers Mahasiswa yang di kemudian hari juga akan menghadapi persoalan yang sama, maka dari itu penting bagi Jurnalis-Jurnalis muda untuk mempunyai kesadaran berserikat dan berpegang teguh pada etika profesi.

Massa yang bersolidaritas untuk Zaky Yamani Yamani menyatakan akan terus hadir setiap minggunnya untuk terus mengawal proses peradilan sampai keadilan dapat ditegakkan. Mereka sepakat agar terus menyuarakan dukungan kepada Zaky Yamani Yamani baik di ranah online maupun kampanye secara langsung dengan tagar #HariIniZakyBesokKamu #Jurnalisharusberserikat

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *